Fotografi landscape adalah salah satu subyek fotografi yang paling populer dan gambar yang luar biasa di mana-mana untuk menginspirasi kita. Tetapi ada beberapa kesalahan yang jadi masalah bahkan fotografer berpengalaman sekalipun.
Jangan putus asa, Angela Nicholson telah mengumpulkan daftar kesalahan yang paling umum fotografi landscape oleh setiap fotografer dan beberapa tips bagus untuk membantu Anda menghindari kesalahan landscape untuk kedepannya agar tidak terjadi.
Kesalahan Fotografi Landscape ke 1: Garis horison miring
Beberapa orang memiliki bakat untuk memegang kamera level dengan baik, sementara yang lain kadang kurang mampu memegang kamera dengan level sejajar dan horisontal
Mendapatkan garis lurus cakrawala / garis horison ketika Anda menembak dari sudut yang tidak biasa adalah sangat rumit, dan jika Anda tidak bisa melakukannya dengan benar Anda harus memutar dan memotong gambar di photoshop, terutama jika ada unsur air di dalamnya.
Meskipun mudah untuk memutar gambar untuk garis lurus cakrawala itu berarti meng-crop beberapa gambar Anda dengan hati-hati disusun jadi yang terbaik. Solusi termudah adalah dengan menggunakan level meter kamera secara stabil. seperti gunakan bubble-level pada tripod atau banyak kamera sekarang memiliki level indikator digital built-in yang dapat ditampilkan di viewfinder atau layar LCD kamera. Periksa apakah kamera Anda memiliki yang satu ini dan mengaktifkannya untuk menghalau cakrawala miring selamanya.
Ada beberapa pengecualian kreatif, tapi kebanyakan gambar landscape menuntut depth of field dengan baik latar depan dan cakrawala yang tajam. Dalam banyak kasus, hal ini dapat dicapai dengan menggunakan aperture yang relatif kecil dan fokus hati-hati pada jarak yang tepat. Secara tradisional, fotografer landscape serius fokus pada apa yang dikenal sebagai jarak hyperfocal. Ini adalah titik di mana kedalaman maksimum lapangan dibuat untuk itu panjang fokus dan pengaturan aperture.
Fokus pada saat ini memastikan bahwa tidak ada kedalaman lapangan yang terbuang dengan berfokus terlalu jauh ke dalam gambar dan memperluas zona ketajaman diterima di luar cakrawala. Ini juga menghindari membatasi kedalaman lapangan dengan berfokus pada objek yang sangat dekat.
Ada tabel jarak hyperfocal tersedia, namun penggemar landscape lebih cenderung menggunakan aplikasi smartphone seperti DoF master atau TackSharp untuk mencari jarak fokus untuk kamera, lensa dan aperture kombinasi dari mereka.
Atau jarak hyperfocal dapat didekati dan lensa difokuskan pada suatu titik sekitar sepertiga ke TKP . Ini bekerja karena kedalaman lapangan meluas sekitar dua kali lebih jauh di belakang titik fokus seperti halnya di depan.
Menggunakan aperture kecil sambil menjaga sensitivitas rendah untuk merekam jumlah maksimum detail berarti menggunakan kecepatan rana lambat. Sayangnya ini membawa risiko guncangan kamera, blur karena gerakan kamera tidak disengaja. Daripada mendorong sensitivitas dengan menaikan ISO besar dan muncul noise solusi terbaik untuk ini adalah untuk me-mount kamera pada tripod yang kokoh .
Bila Anda menggunakan tripod pastikan kunci diperketat dengan baik sehingga tidak ada slip selama eksposur. Anda juga mungkin merasa berguna untuk menggantung beban seperti tas kamera pada tripod untuk membuatnya kokoh.
Untuk yang paling penting dalam menghindari kamera goyang, gunakan mode mirror lock-up dan shutter jarak jauh.
Kesalahan Fotografi Landscape ke 4: Foreground/latar depan kosong
Ketika kita melihat sebuah adegan kita cenderung untuk mencari rincian dengan mata kita dan kita mengelola untuk mengabaikan daerah-daerah tidak menarik. Namun tanpa foreground bertindak seperti penghalang dalam foto, mereka membuatnya merasa seperti kita terlalu jauh dari tempat tujuan.
Situasi ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan memasukkan sesuatu yang menarik di latar depan / foreground.
Mungkin sepetak bunga, batu atau kerang beberapa di pantai, misalnya, dan bekerja dengan baik terutama ketika bunga ini mengarah dari arah tampilan utama. Idenya adalah untuk memiliki sesuatu yang menarik dalam jarak dekat, menengah dan jauh dari gambar.
Fotografer profesional akan menunggu selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan atau musim untuk mendapatkan persis cahaya yang tepat untuk memotret.
Kualitas cahaya membuat perbedaan besar untuk gambar, membawa warna hidup dan mengutamakan kontur tanah. Sebaliknya, cahaya datar dan langit mendung dapat menghasilkan gambar kusam. Namun, fotografer paling antusias memiliki tuntutan yang berarti mereka tidak memiliki waktu untuk bisa menunggu dan kemudian meninggalkan semuanya karena belum ada cahaya yang tepat. Banyak orang lebih cenderung hanya bisa memotret di luar jam kerja saat liburan dan ketika komitmen keluarga memungkinkan.
Tentu ini berarti bahwa jika mereka memiliki beberapa waktu untuk memotret landscape, mereka ingin membuatnya bagus dari itu. Hal ini berarti menembak apa pun cuaca atau cahaya.
Salah satu cara untuk berurusan dengan cahaya temaram adalah untuk beralih ke gambar monokrom atau hitam putih. Jika langit seragam dan sifat khusus mengapa tidak meminjam langit dari tembakan dengan langit yang lebih baik?
Anda harus mencocokkan sifat cahaya, tetapi tidak ada yang menghentikan Anda menggunakan langit dengan awan tebal beberapa daripada massa tanpa sifat abu-abu atau putih. Tembak file RAW, atau file RAW dan JPEG secara bersamaan dengan kamera diatur ke modus monokrom untuk memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana adegan terlihat dalam warna hitam dan putih sementara masih memiliki gambar penuh warna untuk mengkonversi.
Kebalikan dari cahaya temaram, sinar matahari yang kuat, membawa masalah sendiri - bayangan gelap dan highlight yang keras. Sebagai aturan itu umumnya terbaik untuk menembak gambar landscape pagi, sore atau sore hari, kuncinya adalah bahwa matahari berada pada sudut yang relatif rendah di langit.
Serta menjadi lebih kuat dan terang di tengah-tengah hari, matahari hampir tepat di atas lanskap dan benda-benda jadi pendek, bayangan gelap yang mengungkapkan detail kecil. Semakin rendah, matahari lembut pagi dan sore menghasilkan lagi bayangan lembut yang menonjolkan bentuk tanah.
Salah satu masalah dengan menembak landscape adalah bahwa langit adalah sering secara signifikan lebih terang dari tanah di bawahnya dan banyak kamera hanya mampu merekam detail dalam salah satu dari mereka dalam satu gambar. Dalam banyak kasus hal ini dapat mengakibatkan tanah tampak benar terbuka, tapi langit terbakar terang dan tidak menarik. Atau, langit mungkin terlihat bagus, tetapi latar depan kurang terang dan suram.
Cara tradisional untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan filter GND pada lensa dengan bagian gelap dari filter diposisikan di atas langit. walaupun ada perbedaan eksposur antara tanah dan langit memungkinkan detail akan dicatat di kedua dalam satu tembakan.
Fotografi digital telah menyediakan cara alternatif untuk mengoreksi masalah ini. Pada cara sederhana ini melibatkan penembakan dua gambar dengan eksposur berbeda dan kemudian menggabungkan langit dari satu tembakan dengan tanah dari yang lain. Selain itu, beberapa fotografer dipekerjakan teknik HDR untuk menggabungkan beberapa gambar yang diambil pada eksposur berbeda
Menggunakan teknik menggabungkan gambar untuk merekam detail di langit dan tanah menghindari masalah penggunaan filter ND, bekerja di mana posisi bagian transisi filter sehingga terjadi tanpa disadari.
Sayangnya benda yang menjulang ke langit, seperti pohon tinggi, gedung atau bahkan bagian dari puncak pegunungan, akan memiliki perubahan eksposur yang terlihat.
Masalah ini sulit untuk menyamarkan bahkan dengan filter GND yang memiliki gradasi yang lembut, sehingga teknik digital menawarkan alternatif membantu asalkan fotografer berhati-hati dengan pemilihan atau masking ketika menggabungkan gambar.
Ketika dihadapkan dengan pemandangan menakjubkan itu mudah untuk membuat tembakan, tapi gambar landscape membutuhkan pertimbangan cermat. Sangat penting untuk melihat-lihat tempat kejadian dan menemukan sudut pemotretan yang ideal yang membuat terbaik dari subjek tersedia dan mencakup beberapa bunga latar depan. Meskipun ada kalanya subjek terpusat dan simetri, banyak gambar landscape manfaat dari komposisi yang mengamati aturan pertiga. Aturan sederhana ini membagi scene ke dalam tiga kolom berukuran sama dan tiga baris berukuran sama, menciptakan grid sembilan persegi panjang.
Menemukan elemen kunci dalam adegan sepanjang jalur tersebut, atau di persimpangan mereka benar-benar dapat meningkatkan komposisi.
Banyak kamera memiliki tampilan grid aturan pertiga option yang tersedia pada layar LCD, dan dalam beberapa kasus di jendela bidik, yang dapat menjadi panduan yang berguna untuk komposisi. Ini sangat penting untuk memutuskan dimana posisi cakrawala dalam adegan.
Menempatkan tanah bagian yang lebih besar karena menempati dua pertiga dari gambar atau sebaliknya pada langit. hindari menempatkan garis horison di tengah frame
Meski menggunakan aperture kecil akan meningkatkan kedalaman lapangan, zona ketajaman diterima dalam sebuah gambar, juga meningkatkan dampak dari difraksi, pembengkokan cahaya saat melewati pisau aperture. Bending cahaya berarti bahwa itu tidak terfokus pada sensor dan akibatnya gambar soft.
Semakin kecil aperture, proporsi yang lebih besar dari sinar cahaya membungkuk dan soft pada gambar, sehingga bahkan titik fokus lebih lembut daripada di aperture yang lebih besar. Efek terburuk difraksi dapat dihindari dengan menggunakan pengaturan aperture yang satu atau dua berhenti lebih besar dari nilai minimum yang tersedia.
Namun, ada baiknya bereksperimen dengan lensa Anda untuk mencari tahu apa aperture yang optimal adalah. Hal ini dapat dilakukan dengan menembak serangkaian gambar dari subjek yang sama mengambil gambar di setiap pengaturan aperture.
Kemudian, periksa ketajaman titik fokus di setiap gambar untuk dapat menemukan yang paling tajam yang diambil pada bukaan lensa optimal Anda. Fokus susun memungkinkan Anda untuk menggunakan lensa aperture Anda optimal dan masih membuat gambar yang tajam dari depan ke belakang. Yang perlu Anda lakukan pemotretan ini urutan gambar di aperture yang optimal, tetapi dengan fokus diatur ke jarak yang berbeda.
Mulailah dengan fokus pada latar depan dekat dan secara bertahap menyesuaikan fokus untuk masing-masing ditembak sampai Anda mengambil satu dengan fokus di cakrawala. Ini penting bahwa kamera tidak bergerak saat urutan ditembak, jadi gunakan tripod kokoh. Tahap terakhir adalah menggabungkan gambar, untungnya ini kemudian dapat dilakukan secara otomatis menggunakan Photoshop Photo Merge Tools atau perangkat lunak khusus seperti Combine ZP, yang tersedia untuk download gratis .
0 comments:
Post a Comment